Monday 14 January 2013

PENGARUH IKLAN XL TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT

Penelitian tentang dampak komunikasi merupakan tonggak awal dari ilmu komunikasi itu sendiri. Harold D. Lasswell mendefinisikan ilmu komunikasi juga didasari dampak propaganda terhadap khalayak. Walaupun sudah dianggap sedikit usang, penelitian tentang dampak komunikasi masih tetap menarik untuk diteliti. Setelah melalui berbagai kritik karena memandang manusia sebagai makhluk pasif, ternyata model S-O-R, atau jarum hypodermic Lasswell masih tetap berlaku di sebagian masyarakat.

Di era globalisasi teknologi sekarang ini dimana teknologi komunikasi dan informasi telah berkembang dengan demikian pesat dan nyaris tanpa batas, televisi muncul sebagai salah satu media komunikasi massa yang utama. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya televisi menjadi begitu populer, utamanya karena sifatnya yang audio-visual (dapat dilihat dan didengar) sehingga pesan yang disampaikan memiliki daya rangsang yang tinggi dan menarik masyarakat untuk cenderung mengkonsumsinya. Download Skripsi Lainnya....

Hadley Read (dalam Idris, 1979 : 3) menyatakan ada tiga hal mengenai pentingnya kedudukan visual (gambar) pada televisi yaitu ; pertama, gambar-gambar yang baik akan menarik dan mengikat perhatian penonton. Gambar-gambar akan membantu memusatkan kembali perhatian penonton pada pesan yang dikemukakan. Kedua, Gambar-gambar membantu penonton untuk menafsir makna pesan yang dikemukakan. Ketiga, Gambar-gambar meningkatkan kemampuan penonton untuk menyimpan pesan-pesan yang dikemukakan (sesuatu yang kita terima dengan bantuan gambar-gambar akan lebih lama tersimpan dalam ingatan kita daripada tanpa gambar).
Hal ini sejalan dengan salah satu teori komunikasi yaitu Agenda Setting. Dalam teori ini dikatakan bahwa media memainkan peranan penting dalam menentukan opini khalayak terhadap suatu hal (Rakhmat, 1993;68). Teori positioning sebagai bagian dari teori Agenda Setting dimana penayangan iklan ditelevisi memiliki kaitan erat dengan teori ini dimana dengan penayangan iklan suatu produk secara berulang-ulang dan kontinyu dalam jangka waktu tertentu akan memberikan efek terhadap minat beli pemirsa yang menyaksikan terhadap produk tersebut, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh teori posisioning tersebut bahwa posisioning adalah suatu usaha untuk menempatkan suatu produk, merek, perusahaan, individu, atau apa saja dalam pikiran mereka yang dianggap sebagai sasaran atau konsumennya.
Periklanan sendiri merupakan salah satu bagian dari usaha pemasaran yang cukup penting dilakukan oleh perusahaan, lembaga ataupun instansi untuk meningkatkan penjualan. Bagi dunia usaha, iklan dapat merupakan suatu kekuatan ekonomi sosial yang penting. Hal ini disebabkan karena masyarakat atau calon konsumen menganggap iklan sebagai sumber informasi tentang produk yang baru.
Persaingan usaha saat ini juga telah mendesak para produsen untuk mencari cara untuk membuat iklan bagi produk mereka sedemikian rupa sehingga pemirsa menjadi tertarik, jadi tidak hanya sekedar memberikan penjelasan terhadap produk tetapi juga menumbuhkan suatu citra terhadap produk itu sendiri. Maka dari itu dibutuhkan kreativitas dari produsen dalam membuat suatu iklan tersebut, misalnya dengan memasukkan sosok seorang public figure dalam iklan, memasukkan unsur-unsur tertentu seperti humor, menggunakan tema yang sedang popular , bahkan terkadang dengan membandingkan produk dengan kompetitornya.
Saat ini, para pengguna ponsel sudah berkembang sangat pesat. Mereka tidak hanya menggunakan ponsel secara konvensional (telepon dan sms) tetapi juga sudah menggunakan Handphone sebagai alat pengakses data (internet). Hal tersebut disebabkan oleh maraknya situs jejaring sosial atau sosial media yang ada saat ini. Para provider komunikasi pun masing-masing berlomba-lomba menyediakan akses internet dengan kualitas terbaik utuk memuaskan dan menarik lebih banyak konsumen.

PT EXCELCOMINDO PRATAMA Tbk sebagai salah satu produsen provider telekomunikasi mencoba menarik konsumen dengan berbagai berusaha menciptakan berbagai program promosi bagi pelanggannya. Selain itu mereka juga gencar melakukan promosi di berbagai media informasi termasuk media televisi di Indonesia dengan membuat iklan bertema sosial media sekreatif mungkin.
XL sebagai salah satu produk unggulan dari PT EXCELCOMINDO PRATAMA Tbk selama ini telah dikenal luas dengan imagenya sebagai produk yang digunakan oleh pengguna Handphone untuk mengakses internet. Salah satu cara untuk mempromosikan produk mereka XL meluncurkan berbagai iklan yang berteme sosial media, salah satunya adalah versi “Mawar dan Marwan” yang dibuat beberapa versi yaitu: versi “Sejuta Mawar untuk Marwan” dan “Mawar Maafin Marwan”. Iklan tersebut menjadi versi terbaru iklan XL dengan tema sosial media setelah sebelumnya XL meluncurkan iklan versi  “Ozi Goyang Gayung”, “Ayu Ting-Ting, dan Tukul Arwana”, dan “Fitri Imut”.

Dalam iklan Mawar dan Marwan versi “Sejuta Mawar untuk Marwan”  berdurasi sekitar 0:31 detik itu menceritakan tentang seorang anak muda bernama Marwan yang tidak di restui oleh ayah nya Mawar, lalu ayah Mawar mengatakan kepada Marwan agar Marwan membawa sejuta tangkai bunga mawar dan setelah itu Marwan akan mendapat restu dari ayah Mawar. Kemudian  temannya Marwan ngetweet kepada teman-teman Marwan yang lain supaya dapat membantu untuk mencari “Sejuta Mawar untuk Marwan”. Akhirnya Marwan mendapat bantuan dari teman-temannya dan berhasil mengumpulkan sejuta tangkai bunga mawar merah untuk Marwan. Keesokan harinya Marwan mengutarakan isi hatinya kepada Mawar dengan membawa sejuta tangkai bunga mawar seperti permintaan ayahnya Mawar. Dan akhirnya cinta Marwan kepada Mawar direstui oleh ayah Mawar.
Dalam iklan tersebut tampak XL menampilkan unggulan produk mereka dalam hal mengakses internet dengna tujuan untuk meningkatkan image mereka sebagai provider telekomunikasi yang unggul dalam menyidiakan akses internet bagi pengguna Handphone. Selain itu XL juga menciptakan kalimat-kalimat yang melekat di hati masyarakat khususnya kaum muda-mudi yang merupakan pangsa pasar telekomunikasi yang terbesar. Penelitian ini mencoba melihat seberapa besar pegaruh “Sejauh Manakah Hubungan antara Penayangan Iklan XL Versi Marwan dan Mawar Dengan Minat Konsumen  dalam  meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk XL”.

3 comments:

  1. Tentang Self disclosure mana??
    *nangiss bombay.. Duaaaaaaarrrr

    ReplyDelete
  2. Blognya keren gan isinya skripsi semua ya...
    mampir ke lapak ane juga ya gan http://landipo.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. terima kasih menambah bahan skripsi saya.

    ReplyDelete