Saturday 12 January 2013

Pengaruh Tingkat Partisipasi Perempuan Dalam Usaha Ekonomi Mikro Terhadap Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga



ABSTRAK


(Skripsi ini di tulis oleh Miftah Khairuza terdiri dari 6 bab, 107 halaman, 44 tabel, 2 bagan, 5 lampiran serta 19 kepustakaan dan 13 sumber lain yang berasal dari internet, karya ilmiah, jurnal dan lembaran negara)
Download Skripsi Lainnya.... 
Adapun alasan yang paling sering muncul ketika seorang perempuan berpartisipasi pada sektor usaha ekonomi mikro ini yaitu terkait masalah kehidupan yang sulit dalam ekonomi keluarga. Dengan berpartisipasinya perempuan dalam usaha ekonomi mikro ini tentu saja berpengaruh terhadap kehidupan keluarganya, khususnya pada kondisi sosial ekonomi keluarga. Hal ini juga dikuatkan oleh pra-penelitian yang telah dilakukan.
Masalah yang ingin diangkat adalah “Bagaimana Pengaruh Tingkat Partisipasi Perempuan dalam Usaha Ekonomi Mikroterhadap Sosial Ekonomi Keluarga di Kelurahan Harjosari II Kecamatan MedanAmplas Kota MedanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tingkat partisipasi perempuan dalam usaha ekonomi mikro terhadap tingkat sosial ekonomi keluarga. Dimana usaha mikro yang dimaksud adalah hanya terbatas pada industri rumah tangga dan perdagangan. Metode penelitian ini menggunakan tipe deskripsi yaitu menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu keadaan subjek atau objek. Penelitian ini dilakukan Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas Kota Medan dengan jumlah sampel sebanyak 30 jiwa. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada perempuan yang ikut berpartisipasi dalam usaha ekonomi mikro. Data yang didapat ditabulasikan kedalam tabel selanjutnya dianalisa dan mengolah data kuantitatif  melalui analisis korelasi product moment.
Berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan dan telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa pengaruh partisipasi perempuan dalam usaha ekonomi mikro di Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas Kota Medan adalah memiliki hubungan positif yang rendah dengan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,203. Nilai taraf signifikan 5% didapat nilai r tabel 0,174. Nilai r hitung>dari r tabel sehingga Ha diterima. Artinya ada hubungan antara partisipasi perempuan dalam usaha ekonomi mikro terhadap sosial ekonomi keluarga.
Kata Kunci : Partisipasi perempuan, usaha ekonomi mikro, sosial ekonomi keluarga. Download

No comments:

Post a Comment